Kunci Plus Ulasan | Pengertian Dan Pola Barisan Bilangan Fibonacci -Lengkap Kisi Kisi UN/UNCU

Pengertian Dan Pola Barisan Bilangan Fibonacci - Barisan bilangan didefinisikan sebagai suatu urutan yang terdiri atas bilangan-bilangan yang disusun berdasarkan aturan-aturan dan pola tertentu. Elemen yang ada pada sebuah barisan bilangan biasa disebut dengan suku. Di dalam pelajaran matematika ada berbagai macam bentuk barisan bilangan mulai dari barisan geometri, barisan persegi, barisan aritmetika, dan ada juga yang dinamakan barisan Fibonacci. Khusus untuk materi kali ini yang akan dibahas oleh Belajar Matematikaku adalah tentang barisan Fibonacci. Langsung saja, perhatikan baik-baik pembahasan materi di bawah ini :
Pengertian Dan Pola Barisan Bilangan Fibonacci

Pengertian Dan Pola Barisan Bilangan Fibonacci

Pengertian Bilangan Fibonacci Barisan bilangan Fibonacci pertama kali dikemukakan oleh Leonardo Pisano atau lebih dikenal sebagai Fibonacci. Ia adalah seorang ahli matematika yang cukup terkenal di masa abad pertengahan. Barisan Fibonacci merupakan sebuah barisan bilangan yang mempunyai bentuk yang unik. Suku pertama dari barisan bilangan ini adalah 1, kemudian suku yang keduanya juga 1, kemudian untuk suku ketiga ditentukan dengan menjumlahkan kedua suku sebelumnya sehingga diperoleh barisan bilangan dengan pola di bawah ini:

1, 1, 2, 3, 5, 8, 13, 21, 34 ...dan seterusnya

Pola bilangan tersebut ditemukan oleh Fibonacci disaat ia mengamati sebuah peternakan kelinci dimana jumlah kelinci di peternakan tersebut berkembang biak sehingga membentuk pola yang menarik untuk diamati oleh matematikawan ini.

Jumlah kelinci di bulan pertama ada 1 pasang
Jumlah kelinci di bulan kedua ada 1 pasang
Jumlah kelinci di bulan ketiga ada 2 pasang
Jumlah kelinci di bulan keempat ada 3 pasang
Jumlah kelinci di bulan kelima ada 5 pasang
Hasil dari pengamatan tersebutlah yang menjadi dasar terbentuknya bilangan Fibonacci.

Rumus Barisan Bilangan Fibonacci Karena bilangan ini memiliki pola yang teratur, maka dirumuskan menjadi:
Fn = Fn-1 + Fn-2

dengan syarat
n ≥ 3

F0 = 0 dan F1 = 1

Demikianlah penjelasan singkat materi seputar Pengertian dan Pola Barisan Bilangan Fibonacci pada artikel selanjutnya akan dibahas materi yang lebih mendetail mengenai bilangan Fibonacci ini beserta contoh-contoh soal serta penerapan rumus di atas untuk menjawab soal-soal tersebut. So, Simak terus artikel terbaru yang dihadirkan di dalam blog ini. Sampai jumpa lagi.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!
Labels: Matematika Umum
0 Komentar untuk "Kunci Plus Ulasan | Pengertian Dan Pola Barisan Bilangan Fibonacci -Lengkap Kisi Kisi UN/UNCU"

Back To Top