Contoh Soal Matematika SD - Diantara materi yang diajarkan pada mata pelajaran matematika untuk kelas 3 SD di semester pertama adalah tentang operasi hitung penjumlahan dan pengurangan. Di sini Belajar Matematikaku memberikan beberapa contoh soal yang mungkin bisa digunakan oleh para guru untuk muridnya atau bisa juga digunakan oleh para siswa sebagai media latihan untuk menguji sejauh mana kemampuan siswa (murid) dalam memahami materi mengenai operasi hitung bilangan. Semoga contoh soal di bawah ini bisa bermanfaat.
1.Lambang bilangan dari delapan ratus lima puluh dua adalah...
a. 8520 b. 825 c. 852 d. 582
2.Nilai angka 3 pada bilangan 7.325 adalah...
a. puluhan b. satuan c. ribuan d. ratusan
3. bilangan yang posisinya ada di antara 451 dan 453 adalah...
a. 452 b. 456 c. 455 d. 451
4. 3 ratusan + 2 puluhan + 7 satuan = ...
a. 347 b. 327 c. 3270 d. 372
5. 805, 428, 994, 165, 228 manakah bilangan yang terkecil?
a. 228 b. 392 c. 165 d. 805
6. Pada bilangan 9.857 nilai dari angka 7 adalah...
a. satuan b. ratusan
c. puluhan d. ribuan
7. ...... + 7 ratusan + 5 puluhan + 3 satuan = 4753
a. 4 puluhan b. 4 satuan
c. 4 ratusan d. 4 ribuan
8. 34, 36, 37, 41, 43, ... bilangan yang cocok dan tepat untuk mengisi titik-titik tersebut adalah...
a. 35 b. 42 c. 43 d. 44
9. 372 + 421 =
a. 793 b. 783 c. 893 d. 937
10. 992 - 247 =
a. 754 b. 745 c. 725 d. 755
11.5861 - 584 = ...
a. 5722 b. 5177 c. 5277 d. 5722
12. 1532 + .... = 1960 bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah ...
a. 428 b. 423 c. 431 d. 418
13. 1875 + 1392 - 587 = ...
a. 2068 b. 2680 c. 2860 d. 2608
14.7192 - 932 - 172 = ...
a. 6088 b. 6078 c. 6780 d. 6870
15.5,7,9,11,... tiga bilangan selanjutnya adalah...
a. 12,13,14 b. 13,15,16
c. 13,15,17 d. 12,14,16
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar! 1. 8 ribuan + 7 ratusan + 5 puluhan + 2 satuan = ....
2. Nilai tempat dari angka 7 pada bilangan 1.879 adalah ....
3. Lambng bilangan tiga ribu dua ratus empat puluh tiga adalah ....
4. 2 ratusan + 1 puluhan + 8 satuan = ....
5. 458, 459,...462,462 bilangan yang paling tepat untuk mengisi titik-titik tersebut adalah ....
6. 732 + 283 + 163 = ....
7. 853 - 119 + 731 = ....
8. 4865 + 1201 = ....
9. 9856 - 1254 = ....
10. 6821 + 185 + 321 = ...
Jawablah soal cerita di bawah ini dengan benar! 1.Pak Imron memiliki sebuah kebun yang berisi 378 pohon salak dan 982 pohon rambutan. Berapakah jumlah seluruh pohon yang ada di dalam kebun milik pak Imron?
2. Tentukanlah hasil dari 567 - 198 + 811 = ...
3. 891, 392, 294, 810, 291, 192, 387, urutkanlah angka-angka tersebut dari yang paling kecil!
4. Pak Beni memelihara ayam sebanyak 982 ekor. Ayam tersebut terdiri dari 832 ayam betina. Lalu berapakah jumlah ayam jantan yang dipelihara oleh pak Beni?
5. Candra memiliki 654 butir kelereng. Sebanyak 254 kelereng diberikan oleh Candra kepada adiknya. Lalu, berapakah jumlah kelereng yang dimiliki oleh Candra sekarang?
Itulah 30 Contoh Soal Matematika SD Kelas 3 semester 1 yang bisa disampaikan dalam postingan kali ini. Materi ini bisa kalian jadikan sebagai bahan referensi untuk melatih kemapuan kalian dalam belajar matematika terutama ditingkat sekolah dasar kelas 3.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!

Contoh Soal Matematika SD Kelas 3 semester 1
Pilihan Ganda Pilihlah jawaban yang menurut kalian paling benar!1.Lambang bilangan dari delapan ratus lima puluh dua adalah...
a. 8520 b. 825 c. 852 d. 582
2.Nilai angka 3 pada bilangan 7.325 adalah...
a. puluhan b. satuan c. ribuan d. ratusan
3. bilangan yang posisinya ada di antara 451 dan 453 adalah...
a. 452 b. 456 c. 455 d. 451
4. 3 ratusan + 2 puluhan + 7 satuan = ...
a. 347 b. 327 c. 3270 d. 372
5. 805, 428, 994, 165, 228 manakah bilangan yang terkecil?
a. 228 b. 392 c. 165 d. 805
6. Pada bilangan 9.857 nilai dari angka 7 adalah...
a. satuan b. ratusan
c. puluhan d. ribuan
7. ...... + 7 ratusan + 5 puluhan + 3 satuan = 4753
a. 4 puluhan b. 4 satuan
c. 4 ratusan d. 4 ribuan
8. 34, 36, 37, 41, 43, ... bilangan yang cocok dan tepat untuk mengisi titik-titik tersebut adalah...
a. 35 b. 42 c. 43 d. 44
9. 372 + 421 =
a. 793 b. 783 c. 893 d. 937
10. 992 - 247 =
a. 754 b. 745 c. 725 d. 755
11.5861 - 584 = ...
a. 5722 b. 5177 c. 5277 d. 5722
12. 1532 + .... = 1960 bilangan yang tepat untuk mengisi titik-titik adalah ...
a. 428 b. 423 c. 431 d. 418
13. 1875 + 1392 - 587 = ...
a. 2068 b. 2680 c. 2860 d. 2608
14.7192 - 932 - 172 = ...
a. 6088 b. 6078 c. 6780 d. 6870
15.5,7,9,11,... tiga bilangan selanjutnya adalah...
a. 12,13,14 b. 13,15,16
c. 13,15,17 d. 12,14,16
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar! 1. 8 ribuan + 7 ratusan + 5 puluhan + 2 satuan = ....
2. Nilai tempat dari angka 7 pada bilangan 1.879 adalah ....
3. Lambng bilangan tiga ribu dua ratus empat puluh tiga adalah ....
4. 2 ratusan + 1 puluhan + 8 satuan = ....
5. 458, 459,...462,462 bilangan yang paling tepat untuk mengisi titik-titik tersebut adalah ....
6. 732 + 283 + 163 = ....
7. 853 - 119 + 731 = ....
8. 4865 + 1201 = ....
9. 9856 - 1254 = ....
10. 6821 + 185 + 321 = ...
Jawablah soal cerita di bawah ini dengan benar! 1.Pak Imron memiliki sebuah kebun yang berisi 378 pohon salak dan 982 pohon rambutan. Berapakah jumlah seluruh pohon yang ada di dalam kebun milik pak Imron?
2. Tentukanlah hasil dari 567 - 198 + 811 = ...
3. 891, 392, 294, 810, 291, 192, 387, urutkanlah angka-angka tersebut dari yang paling kecil!
4. Pak Beni memelihara ayam sebanyak 982 ekor. Ayam tersebut terdiri dari 832 ayam betina. Lalu berapakah jumlah ayam jantan yang dipelihara oleh pak Beni?
5. Candra memiliki 654 butir kelereng. Sebanyak 254 kelereng diberikan oleh Candra kepada adiknya. Lalu, berapakah jumlah kelereng yang dimiliki oleh Candra sekarang?
Itulah 30 Contoh Soal Matematika SD Kelas 3 semester 1 yang bisa disampaikan dalam postingan kali ini. Materi ini bisa kalian jadikan sebagai bahan referensi untuk melatih kemapuan kalian dalam belajar matematika terutama ditingkat sekolah dasar kelas 3.
Selamat belajar dan semoga bermanfaat!
Labels:
Contoh Soal,
Matematika SD
0 Komentar untuk "Kunci Plus Ulasan | 30 Contoh Soal Matematika SD Kelas 3 Semester 1 -Lengkap Kisi Kisi UN/UNCU"